Tuesday, January 16, 2018

Panduan Mendaftarkan ID Server Utama dan ID Server Cadangan di web UNBK

Proktor wajib mendaftarkan server utama maupun server cadangan yang akan dipakai UNBK ke web UNBK agar mendapatkan ID Server. Setiap server memiliki ID yang melekat dan berbeda antara server yang satu dengan yang lain, sehingga pemakaiannya tidak boleh dibolak-balik.

Untuk mendaftarkan server ke web UNBK, yang pertama kali adalah sudah ditetapkan sebagai Sekolah Pelaksana UNBK Mandiri. Apabila belum ditetapkan sebagai sekolah pelaksana UNBK mandiri, silahkan koordinasi dengan admin Dinas Pendidikan Kab/Kota/Provinsi sesuai kewenengannya.

Sedangkan untuk sekolah yang statusnya pinjam tempat ke sekolah laintidak bisa mendaftarkan Server karena yang bisa mendaftarkan server hanya sekolah Pelaksana UNBK Mandiri (yang dinunuti).

Alur mendaftarkan server ke web UNBK adalah sebagai berikut :

1. Buka dan Login ke web UNBK http://unbk.kemdikbud.go.id

Halaman depan web UNBK


2. Klik tab UNBK
Tab UNBK

Pilih Server dan Client
  • Tambahkan server cadangan terlebih dahulu, sesuai jumlah fisik server cadangan yang dimiliki. (minimal 1)
    Mendaftarkan ID Server Cadangan
  • Tambahkan server utama dan lengkapi jumlah clientserver cadangan yang membackup jika terjadi kerusakan, dan nama ruangnya. Jumlah server utama yang ditambahkan sesuai dengan jumlah fisik server utama yang akan digunakan untuk UNBK.
    Mendaftarkan ID Server Utama
  • Setelah ID server utama dan ID server cadangan terbit, sebaikanya dicetak lalu ditempelkan ke masing-masing fisik server, agar di kemudian hari tidak salah melakukan submit ID server.
    Daftar ID server




Panduan Mendaftarkan ID Server Utama dan ID Server Cadangan di web UNBK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dapodik Center

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tulis pertanyaan, kritik maupun saran pada kotak komentar !!! Terima kasih.