Monday, October 19, 2015

Latar Belakang Dapodik PaudNi Dikmas


Sejak tahun 2006, Ditjen Pendidikan Luar Sekolah (PLS), yang kemudian berubah menjadi Ditjen PNFI dan lantas berubah lagi menjadi Ditjen PAUDNI dan  kini berubah nomenklatur menjadi Ditjen PAUDNI, telah memiliki komitmen yang kuat dalam membangun Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Nonformal dan Informal (SIMPNFI). Seiring dengan perubahan nomenklatur itu dan peningkatan peran, pengelolaan data dan informasi berkembang melalui pengelolaan data pokok pendidikan (DAPODIK) PAUD-DIKMAS. 



DAPODIK PAUD-DIKMAS sangat diperlukan untuk penyiapan data dan informasi bahan perumusan kebijakan, perencanaan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi pelaksanaan semua program di lingkungan Ditjen PAUDNI. 

Dalam perkembangannya, SIM-PNFI telah melakukan pengelolaan data yang meliputi data pokok pendidikan (satuan, pendidik dan peserta didik), daya serap anggaran, portal/laman Ditjen PNFI serta pendataan dan pemetaan mutu. Seiring dengan perkembangan dan perubahan kebijakan di lingkungan 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, DAPODIK PNFI diintegrasikan dengan sistem DAPODIK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang terintegrasi dan dikoordinasikan dengan Pusat Data Statistik Pendidikan dan  Kebudayaan (PDSPK). 

Program pengembangan dan implementasi DAPODIK PAUDDIKMAS meliputi Komponen; 
(1) Pengembangan Formulir dan Struktur Database 
(2) Pengembangan Aplikasi DAPODIK Terintegrasi 
(3) Pengembangan Aplikasi Pendataan Mutu 
(4) Uji coba aplikasi DAPODIK 
(5) Workshop/TOT DAPODIK dan Mutu 
(6) Bimbingan Teknis DAPODIK 
(7) Harmonisasi DAPODIK dan Mutu 
(8) Pengelolaan dan Analisis Data serta 
(9) Penyusunan Bahan Informasi. pemangku kepentingan untuk perencanaan, pelaksanaan, pembinaan dan evaluasi program PAUDNI Tahun 2015.

Latar Belakang Dapodik PaudNi Dikmas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dapodik Center

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tulis pertanyaan, kritik maupun saran pada kotak komentar !!! Terima kasih.