Wednesday, April 8, 2015

Cara BAKCUP Data di Aplikasi Dapodik Yang Paling Mudah dan Aman

Mengingat banyaknya laporan dari operator sekolah yang aplikasi dapodiknya rusak/error atau laptopnya yang rusak/hilang sehingga tidak bisa melanjutkan pendataan dapodik sekolahnya, maka akan saya tulis cara paling mudah dan aman untuk melakukan backup data dapodik.

Cara paling aman yang saya maksud adalah dengan cara SINKRONISASI. Dengan cara tersebut, maka data yang sudah terentry di aplikasi akan tersimpan di SERVER PUSAT. Sehingga, apabila mendapat kendala aplikasi rusak/error atau laptopnya rusak/hilang dapat mendownload DATABASE PREFILL sekolah yang sudah tersimpan di server pusat melalui SINKRONISASI.

DATABASE PREFILL tersebut merupakan data sesuai SINKRONISASI yang terakhir yang dilakukan oleh Operator Sekolah sebelum aplikasinya error/rusak atau laptopnya rusak/hilang. 
Lalu bagaimana cara memasukkannya kembali ke dalam aplikasi dapodik??
Nah, langkahnya sebagai berikut :

  1. Uninstall Aplikasi Dapodik yang terinstall di laptop (bagi yang aplikasinya error/rusak)
  2. Install Aplikasi Dapodik yang berlaku saat ini
  3. Download DATABASE PREFILL di alamat http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final/generate_prefill.php dengan cara memasukkan KODE REGISTRASI SEKOLAH
  4. Simpan DATABASE PREFILL yang telah di download ke folder prefill_dapodik di drive C  
  5. Buka Aplikasi Dapodik dan lakukan REGISTRASI 
  6. Setelah REGISTRASI berhasil, silahkan LOGIN dan cek data dapodiknya. Maka akan sesuai dengan data SINKRONISASI yang terakhir
Semoga tulisan ini membantu bagi yang mengalami masalah serupa. 



Cara BAKCUP Data di Aplikasi Dapodik Yang Paling Mudah dan Aman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dapodik Center